AGAR KULIAH ENGGAK SEKEDAR KULIAH

Apa sih Mahasiswa itu?

Menurut KBBI; Mahasiswa adalah orang yang belajar di perguruan tinggi, dan secara administrasi mereka terdaftar sebagai murid di perguruan tinggi. Mahasiswa adalah agen perubahan

Nah sekarang kalo ditanya, Apa sih kerennya jadi mahasiswa? Mau pamer almamater? Atau emang kamu worthy buat kuliah? Calm down, dari awal semua orang punya hak buat kuliah. Siapapun itu. Cuma, cara dan tujuan dapetin haknya yang beda-beda.

Cuman nih ya, sayang seribu sayang banyak mahasiswa yang udah jauh datang dari kampung. Ehh sampe di kampus cuman ngabisin waktunya di cafe, nongkrong maen moba atau PUBG. Gak caya? Tuh jalan aja ke cafe, banyak mahasiswa nongkrong distu. Mahasiswa jaman dulu pada ngantri di pinggir jalan bwa TOA nyalurin aspirasi. Sekarang kalau ada ngantri-ngantri, isinya pemuda yang sebagian mahasiswa lagi mau daftar audisi idol atau comedy. Miris!!

Makanya sebagai mahasiswa kalian musti punya solusi “Agar kuliah gak sekedar kuliah”. Biar beda dari mahasiswa pada umumnya. Karena yang sukses kan jumlahnya memang gak banyak gaess. hikkhikks

Ini solusinya :

1. Ikut Kajian Keislaman

Dinegeri ini gak habis-habisnya orang pinter yang masuk bui, suka garongin duit rakyat. Padahal mereka itu jebolan terbaik dari universitas ternama. Kok bisa ya? Karena mereka garing ilmu agama sehingga gak punya standarisasi perilaku. Islam ni kan standarisasi perilaku manusia, semua hal di atur mulai dari masuk WC hingga ngatur negara. Bayangin aja, jenius tapi gak punya standar Islam “Ya apa aja dihalalin supaya bisa masuk perut”. 

Kalian bisa belajar Islam di kampus. Uniknya, kampus ini udah kyak pesantren aja. Kalian bisa milih ikut kajian keIslaman yang mana aja dikampus. Kalau kemaren ada pejabat yang bilang, Kampus sarangnya radikalisme? itu bllushit gaes!! Omong kosong. Kalian kan mahasiswa, pemikir!! Kalian bisa mikir donk. Ngerti maksudnya kn ^_^, jadi harus ngaji ya!!

2. Belajar Menulis

Bisa dibilang nulis itu darah dan dagingnya mahasiswa. Kok? Cuss.. coba deh di cerna, hampir seluruh akitifas mahasiswa berkutat pada kepenulisan. Mulai dari praktikum yang ujung-ujungnya harus dibuat laporanya (nulis kn?), buat laporan magang, hingga skripsi yang menjadi prasyarat gelar sarjanapun juga merupakan sebuah tulisan.

Saking pentingnya menulis sampai ada pepatah “goresan pena lebih tajam dari goresan pedang”

Coba deh kalian tanya, dosen, profesor, dekan, hingga rektor kalian.. berapa banya sih tulisan yang harus mereka hasilkan setiap tahunnya. Kalau kalian gak bisa nulis itu ibaratnya kenak penyakit anemia (kurang darah gtu. Hik hiks hiks) solusinya minum hemaviton,  sory promosi

Bahkan nih kalau pengen jalan-jalan gratis. Jadi mahasiswa solusinya gampang, tinggal nulis aja. Kok? Iya dunk... kalian ikut lomba karya tulis Ilmiah, ikut PKM, trus bisa lolos ya karena tulisan kalian bagus kan. Setelah lolos biasanya kalian bisa jalan-jalan gratis dibiayai sama panitia. Hehehe

3. Mengasah Minat Bakat

Kalian jadi mahasiswa bisanya apa sih? Main Moba atau PUBG. Basi tau, siswa sekolah dasar juga bisa. Padahalkan kalian mahasiswa!! Harusnya manfaatin waktu senggang kuliah untuk belajar beragam kemampuan. Kampus aja udah nyediain banyak organisasi untuk ngembangin minat kalian atau bisa juga ikut organisasi ekstra kampus. Mulai dari organisasi bela diri, kepenulisan, jurnalistik, desain grafis dan masih banyak lagi. Kalian juga harus punya ilmu wajib “Public Speaking” dan biasanya gak diajarin di kelas. Kalian harus belajar ilmu itu diluar kelas dengan ikut organisasi.

4. Aktif Organisasi dan Menjalin Relasi

Jadi mahasiswa gak harus kupu-kupu (kuliah pulang) kalian harus bisa eksplorasi soft skill kalian di organisasi intern ataupun di luar kampus. Biasanya nih yang cepet dapet kerja adalah mahasiswa yang, kalo ga bener-bener jenius, ya mahasiswa yang punya sosial tinggi sama relasi yang banyak. Entah itu dapet relasi di organisasi, di kantin asrama, di toko buku, siapapun relasinya, justru   mayoritas mahasiswa yang paling cepet dapet kerja adalah dia yang punya banyak relasi DAN mau usaha tanya-tanya.

Kalau boleh saran nih ya.. kalian musti sih cari komunitas yang bisa kasih win-win solution ya. Ibarat pepatah, sekali dayung 2 3 pulau terlampaui. Yups, kalian harus cari wadah komunitas kalo bisa yang udah nyediain semua yang diperlukan.  Contohnya gabung Komunitas Literasi Islam Khatulistiwa (KLIK) Bisa belajar ilmu Islam, Belajar menulis, mengasah minat bakat hingga menjalin relasi dalam satu wadah komunitas. Enak kn, gak perlu capek2x, stres ikut banyak organisasi lalu dibawa pusing dengan padatnya kegiatan.

Post a Comment